Minggu, 08 April 2012

Backup semua driver komputer kita



Jika kita memformat ulang komputer kita yang memakai sistem Windows XP pasti kita juga akan menginstall kembali driver komputer kita tersebut, yang biasanya disertakan dalam CD bawaan sewaktu kita membeli komputer tersebut. Tetapi bagaimana jika CD driver tersebut telah rusak atau hilang?
Tenang, untuk masalah semacam ini masih ada beberapa jalan diantaranya adalah membackup semua driver pada komputer yang masih berjalan saat itu (sebelum Windows XP diformat). Yang kemudian kita simpan untuk kita gunakan setelah kita memformat Windows XP nantinya. Tentu ini hanya bisa dilakukan jika kerusakan sistem Windows XP pada komputer tersebut tidak terlalu parah atau setidaknya sistem Windows XP masih bisa berjalan.
Sedangkan salah satu cara untuk membackup semua driver  yang sudah terinstall pada Windows XP adalah dengan menggunakan freeware Driver Magician Litle Portable ini.
Cara menggunakan freeware ini adalah setelah anda download ekstrak file ini di mana saja (termasuk bisa dijalan kan pada Flash disk/Portable), jalan kan aplikasinya selanjutnya tunggu beberapa saat agar aplikasi ini meload semua driver komputer. Setelah semua daftar driver ditampilkan silahkan pilih dan tandai driver yang akan di backup, baru kemudian jalankan proses backup driver.
Saran saya backup driver yang tulisan berwarna merah atau yang providernya bukan Microsoft. Karena driver yang providernya Microsoft atau berwarna tidak merah itu adalah driver bawaan Windows XP, yang mana itu akan terinstall otomatis pada saat install Windows XP, sehingga kita tidak perlu membackup driver – driver bawaan Windows XP tersebut.
Untuk cara menginstal driver dari hasil backup akan saya usahakan dalam tulisan lain karena freeware ini tidak mendukung untuk itu (hanya untuk membackup driver saja).
Bagi yang berminat dengan freeware Driver Magician Litle Portable (untuk membackup driver) ini silahkan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar