TUGAS INDIVIDU ANSI 2
Mas Bey Hadi Wahyudi
311-3311-008
D3 MI_A
311-3311-008
D3 MI_A
1. what is
object-oriented analysis, and what are some advantages of using this technique?
2. define an
object, and give an example?
3. define an
attribute, and give an example?
4. define an
method, and give an example?
5. define
encapsulation, and explain the benefits it provides?
6. define
polymorphism, and give an example?
7. define a
class, subclass, and superclass, and give examples?
8. search the
internet for information about the history and development of UML
9. search the
internet for information about groups and organizations that support and
discuss object-oriented methods and issues
10. search the
internet for information about CASE tools that provide UML support
1.
Analisa dan perancangan berorientasi objek
adalah cara baru dalam memikikan suatu masalah dengan menggunakan model yang
dibuat menurut konsep kelitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang
merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas. Model
berorientasi objek bermanfaat untuk memahami maslah, komunikasi dengan ahli
aplikasi, pemodelan suatu organisasi, menyiapkan dokumentasi serta perancangan program
dan basis data.
Keuntungan menggunakan teknik ini: pewarisan dapat memberikan identifikasi
sesuatu yang umum pada atribut dan metode
penggambaran yang konsisten dari system pada tahap analisis dan
desain hasil analisis dapat digunakan
kembali mengurangi jarak antara
aktivitas analisis yang berbeda dengan membuat atribut dan metode menjadi satu
kesatuan menangani lebih banyak problem
domain. Analisis berorientasi objek memberikan kemudahan untuk memahami inti
permasalahan menjaga stabilitas atas
perubahan kebutuhan pada system yang sama.
2. Objek adalah
segala sesuatu yang ada di dunia nyata yang mempunyai nilai tertentu. Objek
dapat bersifat kongkrit, setiap objek mempunyai sifat yang melekat pada
identitasnya. Dalam software analysis & design, objek adalah sesuatu berupa
konsep (concept), benda (thing), dan sesuatu yang membedakannya dengan
lingkungannya. Sebuah objek adalah sebuah entitas yang mencakup data dan metode. Contoh: manusia, mobil, table, database,
event.
3. Atribut adalah
data item yang menegaskan objek. Atribut menggambarkan data yang dapat
memberikan informasi mengenai kelas atau objek dimana atribut tersebut berada. Contoh: umur, jenis kelamin, warna, bahan
bakar.
4. Metode adalah
pelaksanaan prosedur (bahan dari kode yang mengeksekusi respon terhadap
permintaan objek lain di dalam sistem). Metode adalah subprogram yang tergabung
dalam obyek bersama-sama dengan atribut. Metode digunakan untuk pengaksesan
terhadap data yang terdapat dalam obyek tersebut. Contoh: tampil teks, tampil peta, tampil foto.
5. Encapsulation
atau pengkapsulan merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program
terhadap data yang diproses. Manfaat
menyediakannya : data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu
objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya.
Data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada
dalam objek itu sendiri.
6. Polymorphism
adalah konsep yang menyatakan bahwa suatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan
perilaku bebeda. Dapat diartikan bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai
pebedaan dalam kelas yang berbeda. Contoh:
dalam menginputkan data pasien, dapat dibuat dengan menggunakan table patient
dan appointment.
7. Kelas (kelas-&-objek)
merupakan gambaran sekumpulan objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, hubungan dan makna yang sama. Kelas
merupakan satu atau lebih objek dengan persamaan atribut dan metode.
Contoh: dokumen
Subclass merupakan subset dari suatu entitas yang dikelompokkan dalam
pengertian yang perlu disajikan secara eksplisit. Contoh: entitas pegawai
mempunyai beberapa subclass seperti sekretais, teknisi, sales. Superclass
merupakan entitas yang meruakan induk dari subclass-subclassnya. Contoh: subclass
sekretaris, teknisi, sales mempunyai superclass pegawai.
8. Sejarah dan
perkembangan UML
- · th 1994. Munculnya tokoh pelopor (Booch, Rumbough dan Jacobson).
- · th 1995. Di-release draft pertama UML (versi 0.8).
- · th 1996. Pengkoordinasian oleh Object Management Group (OMG).
- · th 1997. Munculnya UML (versi 1.1).
- · th 1999. Penyusunan 3 buku UML oleh (Booch, Rumbough dan Jacobson).
- · th 1999. UML menjadi standar bahasa permodelan berorientasi objek.
- · th 2003. Di-release UML versi 1.5.
- · th 2004. Di-release UML versi 2.0 (masih dalam pengembangan)
·
9. Cari internet
untuk informasi tentang kelompok dan organisasi yang mendukung dan
mendiskusikan berorientasi objek metode dan isu-isu.
10. Use case diagram
digunakan untuk memodelkan bisnis proses berdasarkan perspektif pengguna
sistem. Use case diagram terdiri atas diagram untuk use case dan actor.
Actormerepresentasikan orang yang akan mengoperasikan atau orang yang
berinteraksi dengan sistem aplikasi.
Use case merepresentasikan operasi-operasi yang dilakukan
oleh actor. Use case digambarkan berbentuk elips dengan nama operasi dituliskan
di dalamnya. Actor yang melakukan operasi dihubungkan dengan garis lurus ke use
case.
Model ini berfungsi untuk menggambarkan system design
outside user (pemakai luar) yang disebut actor. Mendeskripsikan fungsionalitas
sistem yang seharusnya dilakukan sesuai dengan yang diinginkan external actors.
Actor yang berinteraksi dengan sistem dapat berupa user atau sistem lainnya.
View ini digambarkan dalam use case diagrams dan kadang-kadang dengan activity
diagrams. View ini digunakan terutama untuk pelanggan, perancang (designer),
pengembang (developer), dan penguji sistem (tester). Diagram use case digunakan
untuk menggambarkan hubungan transaksi antara sistem dan end user, selain itu
diagram use case dapat diartikan sebagai gambaran actor dengan kumpulan use
case yang menyertakan batasan sistem, kumpulan komunikasi antara actor dan use
case dan generalisasi diaram use case (Bahrami, 1999).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar